Skip to main content

Buru

BURU. Sebuah nama, lekat dalam ingatan sejarah. Buru mengingatkan kita pertama pada, tahanan politik (Tapol) paska peristiwa 1965. Terakhir, para penambang liar yang memburu emas. Untuk pertama kalinya, saya menjejakan kaki di tanah Buru, di Namlea. Sebelum subuh tiba. Sehabis melaut delapan jam dari Galala, Ambon. Tidak semua orang bisa naik kapal laut. Kita seperti dikocok-kocok. Selepas Tanjung Allang, di Laut Banda, kapal besi yang saya tumpangi mulai berjalan terhuyung dihantam gelombang besar. Sekitar 49 tahun silam, dari cerita-cerita yang ada. Sebuah kapal apkiran Perang Dunia II yang berkarat, hampir karam di laut ini. Kapal itu yang mengirim "orang-orang merah" dari dermaga Sodong, Nusakambangan ke Pulau Buru, pada 17 Agustus 1969. Mereka diasingkan, dibuang begitu saja, tanpa pernah diadili. "Aku menuju ke happy land somewhare," tulis Pramoedya Ananta Toer dengan nada satire, dalam Nyanyi Sunyi Seorang Bisu. "Kami berangkat bersama lebih delapan ratus orang dengan kapal ADRI XV sebagai hadiah ulang tahun Republik Indonesia," lanjut Pram. Di kemudian hari, kapal ini dikabarkan tenggelam di tengah jalan, ketika berlayar menuju dok di Hongkong.

Saya menuju ke arah Lolong Guba, sekitar dua jam dari Pelabuhan Namlea. Pagi masih belum terang benar. Jalanan yang masih lengang. Rasanya, kendaraan yang saya tumpangi, mengikuti alur Teluk Kayeli. Lalu, mendaki dan berkelok di antara bukit-bukit cadas yang dipangkas miring sisi-sisinya. Tak lama, matahari pagi mulai terasa hangat. Hari mulai terang. Kesempatan baik bagi saya, cari tahu nama tempat yang dilewati. Ada plang yang menjorok ke dalam dari pinggir jalan raya, di bawahnya tertulis: Savanajaya. 
Ya, Savanajaya. Awalnya, salah satu unit dari kamp Tapol di Pulau Buru. Pemerintahan Soeharto menyebut Buru itu sebagai Tefaat (tempat pemanfaatan). Lalu, berganti nama menjadi Inrehab (instalasi rehabilitasi). Pada Juni 1972, tempat ini menjadi proyek pedesaan pertama di lembah Waeapo. Diberi nama: Desa Savanajaya. Lembah Waeapo merupakan dataran yang paling luas di Buru. Saya baru singgah di Savanajaya sehari sebelum balik ke Ambon, itupun hari sudah gelap. Saya hanya menjemput seorang kawan, yang sudah menunggu tak jauh dari bekas gedung kesenian Tapol.
Sepanjang perjalanan di lembah Waeapo, sawah terhampar luas, dengan bukit-bukit yang bersambungan di belakangnya. Puluhan tahun lalu, adalah padang rumput ilalang savana. Tanah yang tidak mudah dicangkul dan diolah. Tanah keras, yang miskin hara. Hanya tanaman kayu putih, rasanya, yang bisa bertahan dengan keadaan itu. Saya lalu membayangkan bagaimana para Tapol itu dipaksa kerja mencetak sawah di atas tanah yang keras. Boleh jadi, mereka dalam keadaan lapar. Begitulah dari cerita-cerita yang ada. Lebih dari 10 ribu Tapol dikirim ke Buru. Mereka yang dikirim itu, katanya, agar tidak bikin sesak penjara di Jawa. Para Tapol itu tak sekedar mencetak sawah atau berladang. Mereka juga menyuling minyak kayu putih, membangun waduk irigasi, bahkan merintis jalan raya menuju Namlea, sebelum kedatangan para transmigran dari Jawa pada tahun 1980. Tak lama berselang, setelah Tapol Buru terakhir itu dibebaskan, November 1979. Nus, seorang kawan, yang saat itu duduk di bangku sekolah dasar di Namlea, sempat menyaksikan upacara pembebasan Tapol terakhir. "Banyak yang jatuh pingsan karena tidak tahan terik matahari," kenang kawan saya itu. Semua bangunan yang punya sejarah kelam itu sudah diratakan, sebelum kedatangan para transmigran. Hanya bekas gedung kesenian Tapol di Savanajaya itu saja, yang tersisa bisa menjadi penanda.
Selain itu, mungkin saja, kata yang masih tersimpan dalam kepala orang: Mako dan unit. Dalam sejumlah percakapan, orang memakai dua istilah itu untuk merujuk lokasi. Istilah yang berasal dari masa pengasingan Tapol. Mako singkatan dari markas komando Waeapo, kamp khusus bagi Tapol yang keras kepala, tidak mau tunduk. Mako menjadi horor bagi para pembangkang. Namun, bangunan atau barak Mako sudah tidak ada lagi jejaknya. Saya sendiri agak penasaran, dimana letak persisnya Mako pada waktu itu. Paling tidak, saya menemukan dua jawaban: di sekitar kantor kecamatan dan Polsek Waepo. Tapi secara umum, itu pula yang membuat Waenetat, ibukota Kecamatan Waeapo, lebih sering disebut Mako. 
Di Waenetat, kita tak terlampau sulit menemukan penginapan. Seperti halnya di ibukota kabupaten, Namlea. Namun untuk ukuran ibukota kecamatan itu, jumlah penginapan yang ada sudah melampaui cukup. Hal ini bisa menjelaskan beberapa hal. Terutama sejak butiran emas ditemukan di Gunung Botak, Desa Dava, Kecamatan Waelata. Emas telah itu menyilaukan mata puluhan ribu orang. Mereka menyerbu Gunung Botak, menggali lubang, menggerusnya, berebut bebatuan berurat emas. Para pemburu emas, cukong penambang gelap, juga prostitusi. Penambangan emas ilegal juga dilakukan di Gogorea, Waeapo, dan Gunung Nona, Lolong Guba. Mereka beroperasi siang malam.
Tiba di Lolong Guba. Saya menginap beberapa hari. Dalam sejumlah percakapan dengan kawan-kawan desa, ada dua kata yang merisaukan mereka: sianida dan merkuri. Keduanya dipakai guna memisahkan butiran emas dari bebatuan itu. Akan tetapi, keduanya juga mengancam sumber pangan di lokasi lingkar tambang. Ketika limbah sianida dan merkuri dari lokasi tambang itu mengalir ke sungai. Ratusan pohon sagu kering. Sawah tercemar. Hewan ternak dan ikan mati. Kedaulatan pangan mereka benar-benar sedang terancam. Satu dua orang kawan tiba-tiba bersikap ragu, saat saya bertanya, apakah pranata adat masyarakat tempatan bisa memecahkan perkara ini.
Di atas Kapal Motor Penyeberangan Temi, pagi itu. Perjalanan kembali ke Ambon. Seorang kawan berkata,"kita tidak sedang menulis apa-apa, di google sudah banyak tulisan soal Buru, yang penting kita sudah berkunjung, ini semacam ziarah". Ya, selalu saja terjadi perebutan atas apa yang diingat atau, sebaliknya, mengusik apa yang harus dilupakan. Ziarah, untuk menumbuhkan ingatan atas wacana-wacana kecil. Ziarah di tanah pengharapan.

Paccerakkang, 28 Mei 2018

Popular posts from this blog

Deep Purple, Jakarta, 1975

MARET 2016. Saya bertemu dengan seorang kerabat, setelah bertahun-tahun lamanya tak berjumpa. Pensiunan dari sebuah bank besar di negeri ini, penggemar sekaligus kolektor musik rock klasik. Masih melekat dalam ingatan saya, ketika terakhir berjumpa, kami mempercakapkan dan menonton video Deep Purple, sebuah group  band  yang dibentuk di kota Hertford, Inggris, 1968. Deep Purple, Led Zeppelin dan Black Sabbath merupakan pelopor aliran heavy metal dalam genre musik rock. Saya menangkap rasa takjub pada dirinya lantaran dapat menonton langsung konser musik Deep Purple di Stadion Utama Senayan, Jakarta, 1975. "Sebagian Jakarta mati lampu, gelap. Konser mereka butuh banyak strom . Sound system dan lampu, mereka datangkan pakai pesawat kargo. Besar-besar. Orang baru pertama kali lihat konser seperti itu. Stadion penuh sesak, orang  berjubel menonton," ceritanya. Meski dalam sebuah pemberitaan, pemadaman listrik itu hanyalah gosip, "itu hanya bagian dari taktik promosi"....

Gudo, Lasem. Perjumpaan Negeri yang Berbeda

SAYA beruntung dapat menjejaki dua tempat: Gudo, Jombang dan Lasem, Rembang. Nah, bersiaplah dengan kisah perjalanan saya kali ini, menembus lorong waktu. Gudo dan Lasem, dua  tempat yang sebelumnya telah menggoda perhatian saya. Boleh jadi, karena keinginan perjumpaan akan ruang geografis etnis dan penghayatan subyektifnya yang berbeda dengan tempat lain di negeri ini, dalam memahami hubungan pasang-surut akibat pertikaian sosial. Atau , tertarik dengan kalimat akhir sebuah artikel yang mengutip tulisan para pecinta pemikiran Gus Dur di klenteng (untuk menyebut rumah ibadah Tionghoa) Gudo: "semakin kita berbeda, semakin jelas dimana titik persamaan kita". Di kedua tempat ini, Gudo dan Lasem, klenteng menjadi landmark (mercu-tanda) . Jarak keduanya,  cukup berjauhan. Jalan pintas terdekat, sekitar 180 kilometer, membelah punggung pegunungan kapur Kendeng. Dari Gudo menuju ke utara, lewat Tuban. Lalu ke arah barat, berjalan di atas jalanan warisan Gubernur Jenderal Hindia Bel...

Media Baru, Muslihat Lama

REVOLUSI datang secara mengejutkan. Revolusi adalah pementasan dramatik, waktunya cepat, dan mudah diingat. Seperti kata sosiolog Piort Sztompka: bak ledakan dinamit di tengah aliran lambat proses historis. Kita juga sering diingatkan agar tidak gegabah atau sembrono dengan ungkapan "revolusi", karena studi revolusi memiliki batasan-batasan mengenai basis dan komponen utamanya [*]. Revolusi mengacu pada perubahan fundamental. Bahkan, dalam sejumlah kenyataan di paska-revolusi, cara kita memandang sesuatu atau cara kita berpikir pun turut berubah. Saya sendiri seringkali terusik mengamati revolusi kontemporer, revolusi yang meletup pada abad 21, pada peranan media yang memanfatkan sentimen gerakan sosial yang spektakuler itu. Meski hal itu, saya sadari, bukan faktor tunggal lahirnya sebuah revolusi. Ketika benih revolusi mulai berkecambah, media bisa jadi membawa ancaman, bahkan mengakhiri rezim yang berkuasa, mengakselerasi transisi demokrasi, atau malah sebaliknya bersifa...

Gagasan Anarkisme Terhadap Ilmu Komunikasi

“ Apa skripsi saudara benar-benar merupakan skripsi ilmu komunikasi? ” [1] SAYA pikir ini bukan pertanyaan bodoh. Sejauh apa yang saya bayangkan kemudian terhadap pertanyaan tersebut adalah: apakah komunikasi itu pengetahuan [2] ? Dalam tradisi pemikiran Yunani purba, pengetahuan (“pengetahuan” yang dimaksud ketika itu bukan berada di dalam pengertian ilmu pengetahuan seperti yang saat ini) [3]  berpautan dengan kepentingan yang berhubungan dengan cita-cita etis, hal-ikhwal kebajikan atau kebijaksanaan. Pengetahuan ( theorea ) diyakini mendorong atau tidak terpisahkan dengan tingkah-laku praktis ( praxis ) dalam kehidupan kongrit.

Siasat dari Halaman Belakang Makassar

“ Siasat adalah seni melawan kaum papa ” SULAWESI SELATAN memiliki angka-angka surplus beras yang dapat menguatkan target lumbung pangan nasional.[1] Sebuah pesan pendek yang terus-menerus menjadi pengetahuan yang telah terlembagakan dan menyakinkan, meminjam istilah Alain Badiou, sebagai peristiwa-kebenaran (truth-event). Surplus beras, pertama-tama, memberitahu kita tentang cadangan pangan. Pembingkaian target surplus beras itu dijelaskan melalui kacamata statistik mengenai laju produksi beras, serta penggunaan kaca pembesar masalah perlakuan tanaman. Peningkatan produksi, melalui mobilisasi kekuasaan, menjadi pendekatan kunci surplus beras. Tidak terlalu sulit untuk mendapatkan angka statistik mengenai luas areal sawah dan produksi padi. Akan tetapi, bagaimana mungkin, membicarakan kemajuan atas angka-angka surplus beras, tanpa mengetahui data penyakapan ( land-tenure ) lahan sawah yang telah dikonversi. Berapa jumlah petani (tuna-kisma) yang kehilangan lahan pertanian. Berapa oran...